Header 1

Pengalaman Ikut Seleksi Beasiswa AKMET(Akademi Metrologi dan Instrumentasi) Kementrian Perdagangan Indonesia Tahun 2019

   
sumber http://akmet.kemendag.go.id



Assalamua'laikum, sahabat blogger. Saya ingin berbagi pengalaman seputar seleksi penerimaan mahasiswa baru AKMET tahun 2019, mohon maaf ya apabila ujung-ujungnya jadi kayak curhat...
  Sebelum lulus sekolah, saya emang kepikiran buat ngelanjutin kuliah asal beasiswa(gratis).
Dengan memodalkan rasa pengetahuan, mulailah mencari informasi di dunia maya, alhasil saya menemukan info tentang AKMET ini. Sayapun lamgsung tertarik berniat untuk mendaftar. Waktu itu saya juga daftar STMKG karena jadwal AKMET dengan STMKG gak bentrok, eh ternyata seleksi AKMET dimajuiin, disinilah harus milih salah satu karena bentrok. Bismillah, saya menyakinkan diri untuk memilih AKMET.

Apa itu AKMET?
"Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Perdagangan yang dibina oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) saat ini membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi.
Semenjak dibuka pada Tahun 2009, program ini telah menjaring pendaftar dari hampir seluruh provinsi di Indonesia. Dengan misi menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang berkualitas untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional dan mampu mengikuti perkembangan mutakhir di bidang metrologi, instrumentasi dan perdagangan, dengan moral dan integritas tinggi, program ini mendidik para mahasiswa untuk mampu menerapkan pengetahuan kemetrologian, memecahkan persoalan dalam praktek-praktek kemetrologian, memanfaatkan teknologi dalam menunjang tugas-tugas kemetrologian, serta mampu mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas-tugas kemetrologian.
Guna menunjang seluruh tujuan tersebut, program ini memberikan beasiswa pendidikan yang merupakan program beasiswa pemerintah menyangkut seluruh biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi mahasiswa program Diploma III sampai dengan kelulusan, tidak akan dikenai biaya apapun.
Lulusan-lulusan Akmet ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau Dinas Pemerintahan Kabupaten/Kota yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, lulusan dari program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi Akmet ini akan memiliki kesempatan berkarir di industri yang berkaitan dengan bidang keteknikan (engineering).
Untuk Tahun 2019, Akmet akan menerima mahasiswa baru sebanyak 55 orang.
pendaftaran secara online dapat di akses melalui website akmet.kemendag.go.id"

  Nah sudah pada tahu kan? Jadi, secara singkatnya AKMET itu adalah suatu sekolah kedinasan yang dibiayai oleh Kementrian Perdagan, dibina oleh ITB(berkuliah di ITB).
 Selanjutnya adalah tahap seleksi, tahap-tahapnya sama seperti tes kedinasan pada 
umumnya. Berikut daftarnya :
1. Pendaftaran Online
2. Seleksi Administrasi Online
3. Verifikasi Berkas 
4. TPA(Tes Potensi Akademik)
5. Tes Kesehatan
6. Tes Kebugaran Jasmani
7. Tes Kepribadian(Psikotest)

Langsung saya bahas saja ya.
1. Pendaftaran Online


sumber http://akmet.kemendag.go.id

  Pendaftaran dilakukan secara online lewat website http://akmet.kemendag.go.id. Kita harus mengisi form yang disediakan, meng-upload berkas-berkas(kayak akta, KK, SKHUN,dll.), nilai UN, dan mengisi nilai(nilai rapor Bahasa Inggris, Fisika, dan MTK dari kelas X-XII).

2. Seleksi Administrasi Online
sumber http://akmet.kemendag.go.id

sumber http://akmet.kemendag.go.id

 Seleksi administrasi dilakukan secara online oleh panitia, lalu setelah itu terdapat pengumuman seleksi administrasi, Alhamdulillah saya lulus.

3. Verifikasi Berkas
sumber http://akmet.kemendag.go.id

  Verifikasi berkas adalah pengecekan berkas yang kita upload. Bertempat di Gedung PPDSK Cimahi. Karena seleksinya dilaksanakan pukul 08:30-15:00, saya agak santuy wkwk. Saya sampai disana pukul 10-an, ternyata sudah banyak yang mengantri. Disini juga dilakukan pencetakan kartu peserta ujian tulis. 

4. TPA/Ujian Tulis
sumber http://akmet.kemendag.go.id
   Ujian tulis merupakan hal yang bikin deg-degan, dimana enggak, ditahap ini ratusan perserta banyak yang berguguran, tes ini cukup memakan korban yang sangat banyak. Tes dilaksanakan di Politeknik Pos Indonesia pukul 08:00 WIB. Materi yang diujikan yaitu Fisika, MTK, Bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum. Untuk jumlah soalnya 150. 1 jam MTK, 1 jam Fisika, 1 jam lebih Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.  
Tips
a. Untuk Fisika & MTK pelajari dan kuasai materi-materi yang diajarkan di SMA, karena memang yang diteskan tidak jauh dari seputar hal-hal tersebut. Malahan yang sering keluar di Sekolah.
b. Persiapkan diri dari jauh-jauh hari.
c. Bahasa Inggrisnya mirip-mirip UN( walaupun cenderung lebih susah dari UN, soalnya Reading Compherension) hapalkan grammar dasar, aplikasi ungkapan-ungkapan dalam sehari-hari seperti asking help, giving suggestion,dll. Seputar materi SMA.
d. Pengetahuan umumnya, pelajari tentang provinsi-provinsi, nama ibu kota, sejarah indonesia/PKN, alat-alat ukur(gambar dan namanya), dan pengetahuan umum seputar dunia.
 Setelah itu pengumuman tiba, saat-saat yang paling deg-degan dan Alhamdulillah, Allah mengizinkan saya untuk lanjut ke tahap berikutnya. Oh iya, dari 800-an yang lolos sekitar 180-an.

5. Tes Kesehatan 

  Tes kesehatan bertempat di Rumah Sakit Dustira TNI Cimahi. Dimulai pukul 07:00, saya sampai jam 6 pagi, karena terbiasa dilingkungan yang hangat, pas sampai disana dingin banget parah wkwk(lebay gak papa ya). Maklum wkwkwk. Tes kesehatannya meliputi pengukuran BB, TB, tensi darah, tes EKG(tes rekam medis jantung gitu, nanti kita disuruh buka baju bagian atas, disuruh berbaring, lalu ditempelin penjepit elektroda-elektroda, tesnya sebentar kok), dan tes detak jantung pake stetoskop(tes-tes umum, kayak dicubit dibagian perut, disuruh tarik napas, dll.). Tesnya selesai pukul 12:00 WIB. 

6. Tes Kebugaran Jasmani

Tesnya meliputi :
1. Lari 12 Menit, lapangan 300m.

2. Pull Up
3. Sit Up
4. Push Up
5. Shuttle Run

  Tes kebugaran bertempat di Dinas Kesehatan dan Kebugaran Jasmani TNI AD Cimahi. Kita harus sampai jam 5 subuh, salat subuh disana, setelah itu kita ditensi darah, dibagi kaos, lalu pemanasan bersama, setalah itu nunggu giliran lari. Sesudah lari kita dikasih minum.
  Jujur, ane rada takut wkwkw karena sadar jarang olahraga. Semenjak itulah jadi rajin olahraga, sehari-hari membiasakan lari 3.5 km setiap jam 6 pagi degan selingan 2-3 hari, push up, pull up, dan sit up dirumah. Penting banget! harus tahu gerakan yang benar, soalnya kalau gak sesuai gak bakal dihitung. Ane kaget pas pull up, ternyata pake tiang 2m, tinggi banget wkwkwk(maklum modal push up di atas pintu ituloh wkwkw). Tapi Alhamdulillah, saya mampu lari 8 putaran(maksimal), push up 41/43, pull up 5/18, sit up 36/50, dan shuttle run 21,6 detik. Alhamdulillah, beres. Setelah itu dikasih snack gratis, beres pukul 10:30 WIB.

7. Psikotest

  Psikotest merupakan tes yang kerap kita jumpai dikehidupan sehari-hari entah itu tes penjurusan SMA, tes masuk kerja, dll. Bertempat di ITB, yang harus dipersiapkan adalah kondisi fisik dan mental yang baik, karena itu istirhat yang cukup, makan makanan bergizi dan bervitamin dan pastinya jangan lupa berdoa, karena tesnya lumayan lama (mulai jam 8 keluar pas hampir jam 2 siang). Tesnya mencakup tes psikotes umum, tes gambar, menggambar orang, menggambar pohon, tes koran, dan mengarang. 
  Saran untuk tes gambar sebaiknya dipersiapkan secara matang dan terus berlatih soalnya biar enggak bingung nantinya dan waktunya itu cepet banget ternyata. 

Alhamdulillah, seru banget. Disamping dapat pengalaman yang berharga juga bertemu dengan teman-teman se-Indonesia. Hanya itu pengalaman yang dapat saya share, nanti Insya Allah akan saya update lagi, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Sekian dan terima kasih :).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman Ikut Seleksi Beasiswa AKMET(Akademi Metrologi dan Instrumentasi) Kementrian Perdagangan Indonesia Tahun 2019"

Post a Comment

Use good manner! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel